Inilah Ciri-Ciri Kucing Akan Mati Dan Cara Merawatnya

Semua yang hidup pasti akan merasakan mati, Begitu juga dengan kucing anda… Suatu saat dia juga akan mengalami kematian, namun ada baiknya Anda harus memperhatikan tanda-tandanya supaya Anda bisa merawatnya ketika sekarat, dan ada di sampingnya hingga ajal menjemput. Di bawah ini kami Tuliskan beberapa ciri-ciri kucing anda akan mati sebentar lagi. Dan bagaimana cara merawat jasadnya.

 

baca juga : bisakah manusia memakan makanan kucing

1. Detak Jantung Kurang Dari 140/Menit

Pada normalnya detak jantung kucing adalah antara 140 sampai 220 detak per menit, ketika kucing sudah akan mengalami kematian biasanya detak jantungnya akan menurun di bawah normal. Untuk itu Anda harus memastikan nya…

 

Untuk mengukur detak jantung, anda tidak harus menggunakan stetoskop atau peralatan kedokteran, cukup rasakan menggunakan tangan anda dan hitung menggunakan Stopwatch handphone.

 

Letakkan tangan anda di sisi kiri kucing, tepatnya di bawah kaki kanan depan karena di sanalah jantung kucing berada, Ambillah stopwatch dan Hitung berapa kali jantung kucing ada berdetak selama 1 menit.. Jika kurang dari 140 detakan maka mungkin saja itu adalah salah satu tanda kematiannya.

 

2.Nafas Yang Cepat Dan Berat

Pada kucing yang sehat biasanya nafas yang dihembuskan adalah 20-30 kali setiap menitnya, sedangkan pada kucing yang mengalami ciri kematian biasanya mengalami kenaikan ritme pernafasan. Hal ini dikarenakan paru-paru kucing tidak berfungsi dengan baik sehingga aliran oksigen ke dalam darah mulai berkurang, hal ini memaksa kucing untuk bernafas lebih cepat untuk mendapatkan banyak oksigen.

 

Setelah bernafas lebih cepat, kucing akan bernafas berat hal tersebut menandakan bahwa pernafasannya semakin sulit.

 

Untuk mengecek pernafasan kucing Anda bisa menggunakan mata anda dan stopwatch, pertama perhatikan Gerakan tubuh kucing yang mengembang dan mengempis pertanda bahwa dia bernafas, gunakan stopwatch untuk menghitung Berapa kalikah dia bernafas setiap menitnya. Perhatikan juga Apakah kucing ada bernafas dengan cepat kemudian diikuti dengan pernafasan yang lambat.

 

3. Telapak Kaki Kucing Dingin

 

kaki kucing yang akan mati

Kucing yang sehat memiliki suhu tubuh 38 hingga 40 derajat Celcius, tapi pada kucing yang sudah sekarat dan akan meninggal dia akan mengalami penurunan suhu tubuh karena jantungnya mulai melemah. Untuk mengecek Berapa suhu tubuh kucing Anda Anda bisa menggunakan termometer hewan.

 

Anda bisa membelinya secara online, atau bisa memeriksakan suhu tubuh kucing Anda ke dokter hewan. Apabila anda memiliki termometer hewan, Anda bisa mengecek suhu nya dengan meletakkan termometer tersebut di telinga kucing… Jika anda tidak memiliki termometer, anda bisa mengecek suhu telapak kaki kucing. Jika dingin, bisa jadi itu adalah tanda bahwa jantungnya melemah dan kematiannya semakin dekat.

 

4. Tidak Nafsu Makan Dan Kencing Berwarna Gelap

Jika kucing anda memiliki makanan favorit, cobalah untuk memberikan makanan tersebut kepadanya, Apakah nafsu makannya tinggi atau tidak bernafsu makan sama sekali. Kucing yang akan mengalami kematian biasanya Mengalami penurunan nafsu makan dan juga minum. Jika dia tidak mau makan makanan kesukaannya Ada kemungkinan kucing anda sudah mendekati ajalnya.

 

Cek juga warna urine kucing anda, karena tidak makan dan minum urine biasanya akan mulai berwarna sedikit gelap. Selain itu kucing juga akan pipis sembarangan karena tidak bisa mengontrol sistem pembuangan nya.

 

5. Nafas Dan Badan Yang Berbau Busuk

Mendekati ajalnya organ tubuh kucing biasanya tidak akan bekerja dengan baik sehingga racun yang ada di dalam tubuhnya mulai menumpuk. Hal ini akan menyebabkan tubuhnya berbau busuk, Selain itu nafasnya juga akan berbau busuk.

 

Jika anda memiliki dua kucing, anda bisa membandingkan antara kucing Anda yang sehat dengan yang sekarat, apabila terjadi perbedaan bau yang mencolok maka bisa berarti itu adalah salah satu tanda kematian yang selanjutnya.

 

6. Suka Menyendiri

Kucing memiliki sebuah insting untuk bersembunyi ketika tubuhnya mulai melemah, di alam liar inti ini berfungsi agar kucing yang lemah bisa terhindar dari predator lain. Saat kucing anda mendekati kematian salah satu cirinya adalah dia suka menyendiri dan bersembunyi. Bisa di ruangan atau tempat dalam rumah yang jarang dikunjungi orang. Atau di luar rumah yang jauh dari orang-orang.

 

Jika anda mengalami hal ini maka sebaiknya anda mengurung kucing ada di rumah, agar ketika dia sekarat dan akan mengalami kematian Anda bisa merawatnya.

 

7. Tubuh Melemah Dan Sering Tidur

Kucing yang sehat biasanya akan aktif bergerak, untuk mencari makan, main-main atau sekedar mondar-mandir. Sedangkan kucing yang akan mengalami kematian biasanya tubuhnya akan melemah sehingga dia tidak banyak bergerak.

 

Dia lebih suka tiduran dengan menopangkan kepalanya di atas lantai atau di atas kakinya. Dan jika berjalan pun kucing anda akan terlihat lemas dan sempoyongan… Bahkan, terkadang mungkin akan menabrak barang-barang yang ada di depannya.

 

8. Mata Yang Mulai Meredup

mata kucing yang akan mati

 

Kucing yang sehat memiliki mata yang terbuka lebar dan berbinar-binar, sedangkan kucing yang mengalami sekarat matanya akan mulai meredup dan tidak membukanya dengan lebar.

 

contoh video kucing yang akan mati

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=1hqKwD2tRUI&t=37s

Cara Merawat Kucing Yang Akan Mengalami Kematian

Jika anda sudah mengetahui tentang ciri-ciri kucing yang akan segera mati, maka ada baiknya anda mempelajari juga Bagaimana cara merawat kucing yang sedang sekarat dan akan mengalami kematian. Sehingga dia bisa mendapatkan kasih sayang pemiliknya hingga akhir hayat.

 

Dan anda pun bisa tenang karena telah berusaha merawatnya selama ini.

 

1. Buatkan Tempat Yang Nyaman Dan Hangat Untuk Kucing

Saat kucing sedang sekarat suhu tubuhnya akan mengalami penurunan akibat melemahnya jantung, untuk menjaganya tetap hangat Anda harus menyediakan sebuah tempat tersendiri yang nyaman untuk kucing. Jika kandang anda adalah kandang besi, Anda bisa memberikan kardus yang diberi potongan baju yang tidak terpakai di atasnya. Hal ini akan membuat kucing tetap hangat. Atau Anda bisa membuat tempat lain dengan cara anda sendiri.

 

2. Pastikan Dia Tidak Memiliki Penyakit

Mengklaim bahwa kucing anda akan mati, Anda harus memastikan terlebih dahulu Apakah dia memang sekarat atau terkena penyakit yang bisa disembuhkan. Bawalah kucing Anda ke dokter agar diperiksa sehingga apabila ada penyakit bisa segera diatasi dan kucing anda bisa segera sembuh.

 

Namun jika dokter sudah berkata bahwa kucing anda telah tua dan memang sudah lemah, maka biasanya dokter akan menganjurkan cara merawat kucing yang sudah tua tersebut.

 

3. Bantulah Kucing Untuk Buang Air

Mungkin agak sedikit aneh, namun anda harus membantu kucing anda untuk buang air, ketika kucing sekarat dia tidak bisa mengontrol pipis dan berak nya, sehingga dia bisa buang air di tempat dia tidur, hal tersebut akan membuatnya tidak nyaman. Selain itu tubuh yang lemah juga mengakibatkan dia tidak bisa berjalan ke litter box dengan baik.

 

Anda bisa memindahkan kucing Anda ke litter Box setiap 2 atau 3 jam sekali agar kucing Anda bisa buang air di sana, jika kucing Anda belum terlalu lemah… Anda bisa menaruh litter box di samping tempat tidurnya, ini akan memudahkannya untuk buang air di sana.

 

4. Dekatkanlah Makanan Untuknya

Jika biasanya Anda menaruh makanan di tempat yang jauh dari kandang, ketika kucing sekarat dan mungkin akan segera mati, sebaiknya Anda mendekatkan tempat makannya di dekat dia tidur. Sehingga dia bisa lebih mudah untuk makan dan minum.

 

5. Suntik Mati

Jika anda tidak tega untuk melihatnya terus kesakitan, bisa memikirkan untuk menyuntik mati kucing anda… Dari Anda akan menolak Hal ini karena anda anggap sebagai hal yang mengerikan.

 

Namun untuk Anda yang tidak tega melihat kucing ada kesakitan anda bisa memberikan suntik mati kepada kucing anda…, supaya dia bisa langsung mati dan tidak merasakan sakit lagi., Jika anda ingin melakukannya Anda bisa minta tolong kepada dokter hewan di kota Anda, biasanya mereka memiliki prosedur tersendiri untuk menyuntik mati hewan.

 

Tentu saja ini hanyalah sebuah pilihan, Anda bisa memilih merawatnya hingga dia mati.

 

Merawat Kucing Yang Sudah Mati

Jika anda sudah berjuang keras merawat kucing Anda hingga dia menemui ajalnya, Anda harus menguburkannya dengan layak. Jika Bisa Anda harus segera menguburkannya sesaat setelah dia meninggal…, hal ini agar jasadnya tidak membusuk di dalam rumah hingga mengakibatkan bau busuk dan menyebarkan bakteri.

 

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk mengubur kucing yang sudah mati:

 

1. Bungkus Jasad Kucing

Pertama Anda harus membungkus jasad kucing Anda menggunakan kain atau plastik, Jika dia memiliki kain favorit atau Alas untuk tidur yang biasa digunakan, Anda bisa menggunakannya sebagai pembungkus jasad.

 

2. Siapkan Galian Kubur

Kemudian Anda harus menyiapkan lubang untuk menguburkan kucing anda, galilah sedalam minimal 50 cm dari permukaan tanah, jangan terlalu dangkal karena bau busuk kucing bisa keluar dari dalam liang tersebut. Anda bisa membuat galian kubur di pekarangan rumah atau di halaman rumah anda,

 

3. Mengubur Jasad Kucing

Setelah galian kubur siapa Anda bisa menguburkan jasad kucing ada di dalam lubang tersebut, apabila dia memiliki mainan kesayangan saat dia masih hidup, anda bisa menguburkan mainan tersebut bersamanya… Mungkin mainan tersebut tidak akan bermanfaat untuk kucing anda, tapi setidaknya dia bisa bersemayam bersama mainan kesayangannya.

 

Setelah anda memasukkan jasadnya, Anda bisa mengubur kucing Anda yang sudah mati tersebut.

 

4. Memberikan Penanda

Ini hanyalah sebuah pilihan, Jika anda ingin, Anda bisa memberikan penanda makam untuknya. Anda bisa menggunakan batu, atau papan.

 

Itulah ciri-ciri kucing yang akan mati dan sekarat beserta cara merawatnya, jika ada pertanyaan anda bisa pertanyaan di kolom komentar… Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *