Dampak Makan Makanan Kucing Bagi Manusia yang Tidak Anda Ketahui

Ketika melihat kucing anda makan makanan kucing dengan lahap, dengan berabagai rasa lezat seperti rasa salmon, tunam daging, ayam dll., Mungkin terlintas di pikiran anda Bagaimana rasanya jika anda memakan makanan kucing. Apakah makanan kucing bisa dimakan oleh manusia? Dan bagaimana dampak yang akan terjadi jika dimakan oleh manusia?, ups… tenang saja,, kami memiliki jawabanya.

Apakah makanan kucing bisa dimakan manusia? Ya bisa, karena kandungan makan kucing adalah daging dan ikan serta protein, selama belum kadaluarsa maka makanan kucing ini aman dikonsumsi manusia.

mau mencobanya?

Kandungan Makanan Kucing

Apabila Anda bertanya tentang keamanan mengkonsumsi makanan kucing bagi manusia, maka terlebih dulu Anda harus menengok apa saja bahan yang digunakan untuk membuat makanan kucing tersebut… Apakah makanan tersebut memiliki bakteri yang berbahaya untuk tubuh manusia? Atau dibuat dari bahan makanan yang aman?

Jika anda melihat belakang bungkus makanan kucing, Anda bisa membaca posisinya.. Biasanya makanan kucing dibuat dari berbagai macam daging seperti daging sapi, ikan, ayam, makarel, dan sebagian mengandung babi juga. Jika dilihat dari segi kesehatan bahan-bahan tersebut cukup aman bagi kesehatan.

Salah seorang pakar gizi bernama Dawn Jackson Blatner mengatakan bahwa manusia bisa mencerna makanan kucing dengan baik, dan bila pun ada bahan yang berbahaya… Tubuh manusia bisa dengan mudah menetralisirnya. Jangankan makanan kucing, bahkan tubuh manusia pun bisa mencerna bola baseball.

Salah satu bahan yang mungkin agak berbahaya untuk manusia yang ada pada makanan kucing adalah ash (sejenis Abu dedak) namun jika dikonsumsi dalam jumlah kecil, maka kemungkinan besar akan menjadi masalah.

Kandungan Gizi Pada Makanan Kucing

1. Vitamin A

Makanan kucing memiliki vitamin A yang dibutuhkan juga untuk tubuh, baik manusia maupun kucing membutuhkan vitamin ini. Namun jika manusia mengkonsumsi vitamin A terlalu berlebihan hal ini bisa menyebabkan kecarunan vitamin A. Karena makanan kucing memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak maka sebaiknya anda tidak memakan makanan kucing dalam jumlah banyak.

2. Taurin

Taurin ini dibutuhkan kucing agar bulunya tidak rontok, mencegah pembusukan gigi, dan mencegah kebutaan.. Sedangakan dampaknya bagi manusia taurin berfungsi untuk membantu mencerna vitamin dan lemak dalam tubuh yang bisa meningkatkan energi, selain pada makanan kucing, taurin juga terdapat pada minuman berenergi seperti kratingdaeng, extra joss, dan redbull.

3. Lemak

Lemak dalam makanan kucing biasanya terdiri dari lemak nabati dan hewani, ini adalah komponen utama yang dibutuhkan kucing sehari-hari…manusia sendiri juga membutuhkanya dan mungkin anda memakan lemak setiap hari juga.

Dampak Makanan Kucing Jika Dikonsumsi Oleh Manusia

Makanan kucing memiliki kadar protein hewani yang tinggi, Hal ini dikarenakan kucing sangat membutuhkan protein untuk jadikan tenaga… Berbeda dengan manusia yang membutuhkan karbohidrat, kucing tidak begitu membutuhkannya.

Apa yang dampak yang akan Anda rasakan jika anda memakan makanan kucing, dampaknya sama seperti Ketika anda mengkonsumsi protein hewani… Makanan kucing tersebut bisa menjadi asupan protein bagi anda…, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsinya sebagai sumber protein harian Anda.

Bakteri Pada Makanan Kucing Mentah

Makanan kucing terdiri dari makanan kering dan basah, makanan basah sendiri ada yang matang dan basah ada yang basah dan masih mentah.

Jika makanan kucing yang anda makan adalah makanan kering atau makanan basah yang sudah matang kemungkinan besar anda akan baik-baik saja.. Namun jika anda mengkonsumsi makanan kucing terbuat dari daging mentah, maka anda harus berhati-hati karena daging mentah mengandung bakteri.

Seorang pakar kesehatan bernama Jeff Nelken mengatakan bahwa daging mentah mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.. Ada kemungkinan dalam daging mentah terdapat bakteri seperti e-colli atau salmonella. Cara paling aman untuk memakan daging mentah adalah dengan memanaskanya. Untuk daging sapi harus dipanaskan lebih dari 62 derajat celcius dan daging ayam 73 derajat celcius.

Jadi jika anda memang benar-benar ingin makan makanan kucing yang berisi daging mentah atau setengah matang, anda harus memanaskanya terlebih dahulu agar aman anda konsumsi.

Apakah Makanan Kucing Halal Untuk Dimakan?

Apabila anda adalah seorang muslim, maka anda harus memperhatikan kandungan daging yang ada di dalam makanan kucing, jika kandungannya hanyalah ikan maka makanan tersebut halal untuk anda.

Namun jika didalamnya terdapat daging sapi, atau daging ayam yang disembelih tidak dengan menyebut nama Allah maka itu haram bagi anda.

Dan yang paling harus anda waspadai adalah kandungan babi yang ada di dalam makanan kucing, meskipun saya tidak mengetahui Apakah semua makanan kucing memiliki kandungan babi dalamnya, namun saya tahu bahwa salah satu makanan kucing memiliki kandungan babi yaitu ” Whiskas”.

Saya cukup terkejut ketika melihat hal tersebut di website asli miliknya, namun yang versi United Kingdom, pada website resmi Whiskas tidak disebutkan apa saja komposisi cari makanan kucingnya… Namun disebutkan pada website Whiskas.uk terdapat kandungan daging babi di dalam makanan kucing. Tentu saja hal ini haram untuk Anda makan, meskipun kemungkinan besar anda tidak akan mengalami gangguan kesehatan karena memakan makanan kucing.

Bagaimana Rasa Makanan Kucing?

Jika ingin tahu pasti bagaimana rasa dari makanan kucing, anda harus mencicipinya dengan lidah anda sendiri, karena persepsi setiap orang berbeda-beda soal rasa…

Namun jika jijik dengan makanan kucing, tapi ingin tahu rasanya seperti apa, maka kami akan memberitahunya pada anda…

Jujur saya sendiri juga tidak mau memakan makanan kucing, tapi saya akan menceritakan kesaksian seorang jurnalis yang ditulis di vice.com, dia membeli beberapa item makanan kucing dengan rasa berbeda dan mencicipinya. Rasa dari masing masing makanan kucing tersebut adalah salmon, tuna, dan sapi. (makanan basah)

Untuk yang rasa salmon, baunya harum dan tidak amis, dan rasanya seperti sosis hati dicampur salmon, dan rasanya tidak cocok untuk lidah manusia. Untuk yang rasa sapi, teksturnya sedikit berair dan ada beberapa potongan daging yang masih utuh, untuk rasanya hampir mirip dengan yang rasa salmon, hampir tidak ada bedanya. Dan yang terahir adalah rasa tuna, bentuknya agak seperti jelly, dan ternyata ketika dimakan rasanya enak.. Berbeda dengan 2 rasa sebelumnya.

Fakta Miris Tentang Makanan Kucing

Sebenarnya ada 1 hal yang harus anda tahui tentang bahan baku makanan kucing, hal ini saya kutip dari situs vice.com, ada sebuah kenyataan yang akan membuat perut Anda mual saat membaca hal ini..

Disebutkan di New York times oleh Marion Nestle, pakar nutrisi… “Dia berkata bahwa makanan kucing dibuat dari sisa-sisa produksi makanan manusia”,

Anda perlu menggarisbawahi kata-kata sisa-sisa produksi makanan manusia, itu berarti… Makanan ini berasal dari sisa bahan baku pabrik yang tidak layak pakai.

Masihkah anda ingin mencoba memakan makanan kucing? Setelah mengetahui kenyataan ini. Kalau saya sih tidak mau… 😀

Satu tanggapan pada “Dampak Makan Makanan Kucing Bagi Manusia yang Tidak Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *