Modal Usaha : hutang bank vs Modal Sendiri

 Modal Usaha : hutang bank vs Modal Sendiri

Modal usaha bisa didapatkan dari Uang anda sendiri, atau hutang, bisa hutang bank atau hutang keluarga, kali ini kami akan membahas pilih pinjam uang bank, atau modal sendiri.? Mengingat  hutang bank harus dibayar dan harus ada jaminan, syaratnya harus lengkap jika ingin cair. Bisa juga pinjam bank memakai karti kredit, namun bunganya sangat besar..
Lalu….manakah yang lebih baik, hutang bank atau modal sendiri?
Untuk menjawabnya, kami akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan kedua piliahan tersebut..

Kelebihan Hutang Bank Untuk Modal Usaha

Bank adalah salah satu cara cepat untuk mendapatkan uang, banyak pengusaha yang menggunakan modal bank untuk menjalankan usahanya karena di iming imingi kelebihan ini.

Tanpa susah susah menabung

Keutungan pertama jika anda meminjam uang bank adalah anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa susah payah mengumpulkan uang dari Nol, anda tinggal ke bank, membawa syarat dan kelengkapan anda, dan bisa langsung cair jika syaratnya lengkap

Dana Cepat cair

Kalau hal ini tergantung ya, tapi biasanya untuk pinjaman modal kecil akan cepat sekali cair, apa lagi jika anda hutang ke BPR, dana pinjaman bisa cair hanya dalam 1 jam atau kurang, namun jika anda ingin meminjam dalam jumlah yang besar, tentu saja bank membutuhkan waktu dan langkah untuk mengevaluasi kemampuan membayar anda.

Syarat Mudah

Jika anda memerlukan modal usaha yang tidak banyak, syarat yang harus anda miliki hanyalah data diri, dan Jaminan.. tentu saja nilai jaminan harus lebih besar daripada uang yang dipinjam.

Kekurangan Modal Pinjaman Bank

Selain kelebihan ada kekurangan yang anda harus tanggung jika ingin memakai hutang bank untuk modal usaha yaitu :

Riba

Jika anda muslim, maka hal ini harus menjadi pertimbangan, baik bank konvensional ataupun bank syariah, sebenarnya masih mengandung riba, karena ada biaya yang harus dibayar selain pinjaman itu sendiri, tapi jika anda bisa menemukan bank yang bisa memberi pinjaman : tanpa biaya peminjaman, tanpa denda, tanpa sita, anda bsia memakainya..
Oh iya,di bank syariah biasanya ada bagi hasil, bagi hasil adalah bagi keutungan, jika usaha anda untung, maka anda harus membayar sejumlah presentasi keuntungan anda, dan jika anda rugi, maka anda tidak perlu membayar bagi hasil. Jika anda harus membayar meski untung atau rugi, maka itu riba.
video tentang riba

Bunga/Dendanya bikin klenger

Kelemahan yang kedua adalah bunga dan denda, bunga adalah keuntungan yang harus anda bayarkan ke bank dengan presentase yang sudah ditentukan di awal saat anda meminjam, biasanya antara 1-5%, namun jika anda berurusan dengan BPR bisa lebih besar.
Dan jika anda telat membayar hutang anda, anda akan dikenakan denda yang lumayan banyak, bunga dan denda inilah yang banyak membuat pengusaha bangkrut. Saya juga termasuk di dalamnya, dan saya sangat menyesal pernah hutang bank.

Bikin usaha kacau

Jika anda kehabisan uang, usaha sepi.. dan ahirnya terlambat membayar hutang anda selama 3 bulan, dan debt collector bolak balik datang menagih..apa yang akan anda lakukan?
Apakah anda akan fokus pada bisnis anda?
Ataukah anda bingung mencari uang untuk membayar cicilan?
Pasti anda akan sibuk mencari uang untuk membayar cicilan tersebut, dan ahirnya usaha anda tidak fokus, kualitas tidak terjamin karena mengejar untung.. ahirnya usaha anda akan kacau..hal ini juga saya alami.
Saya sendiri sangat merekomendasikan anda untuk TIDAK meminjam modal usaha dari bank, karena lebih banyak madhorotnya..

Kelemahan Modal sendiri Untuk modal usaha

Setelah membahas bank, kali ini saya akan menjelaskan apa saja kelemahan jika harus memakai modal sendiri..

Harus mengumpulkan dalam waktu lama

modal usaha sendiri

yang pertama adalah anda harus mengumpulkanya dalam waktu yang lama, jika anda menjadi karyawan, anda harus menyisihkan gaji anda sedikit-demi sedikit agar cukup untuk digunakan sebagai modal usaha..
masalahnya adalah jika anda tidak bekerja, maka anda tidak bisa mengumpulkan atau menabung uang, solusinya adalah anda bisa menjual barang anda yang bernilai, atau anda bisa meminjam keluarga tanpa bunga atau denda, anda bisa membaca artikel : cara meminjam uang keluarga, untuk menghindari hubungan anda merenggang

Kelebihan Modal Sendiri

Ada banyak kelebihan jika anda memutuskan untuk memulai usaha dengan menggunakan modal sendiri

Bisa Fokus Pada Bisnis

Yang pasti anda bisa lebih fokus menjalankan bisnis anda daripada memikirkan tentang cicilan yang harus anda bayar, atau denda jika anda terlambat membayar cicilan. Saat anda fokus pada usaha anda, maka usaha anda akan lebih mudah untuk berkembang kedepanya.

Tidak ada Masalah Keuangan Dengan orang lain

yang selanjutnya adalah anda tidak akan terkena masalah dengan orang yang anda hutangi.. yang ini pasti ya.. jika anda berhutang pada bank dan tidak bisa membayar cicilan, maka bank akan datang dengan debt collectornya untuk menyelesaikan masalah anda. anda pasti malu juga pada tetangga jika debt collector terus-terusan datang.

Dan jika anda meminjam uang keluarga untuk memulai usaha, maka ketika anda tidak bisa membayar hutangnya, maka hubungan anda akan renggang karena hutang ini..dan anda akan malu jika bertemu di jalan atau dimanapun

Kesimpulan

Hutang bank memiliki banyak kekurangan dibandingkan kelebihanya, dan jika anda muslim, anda harus menghindari hal ini. selain itu hutang bank akan sangat merepotkan jika anda tidak bisa membayarya.

Yang terbaik adalah memakai modal sendiri, jika memang uang anda tidak banyak anda bisa memulai usaha dengan modal kecil, contohnya : usaha modal Rp. 500.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *